Blog

Penipuan Berkedok Customer Service IndiHome
Penggunaan internet dan layanan telekomunikasi yang sangat meningkat saat ini tidak menutup kemungkinan akan terjadinya tindak kejahatan siber, salah satunya adalah modus penipuan. Hal ini juga dialami oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) khususnya pada produk layanan digititalnya IndiHome. Jutaan pelanggan IndiHome diminta untuk hati-hati terhadap penipuan gaya baru yang mengatasnamakan Customer Service IndiHome. … Continue reading "Penipuan Berkedok Customer Service IndiHome"
Penipuan Berkedok Call Center Bank. Jangan Kasih Kode OTP!
Zaman sekarang, teknologi makin canggih. Modus penipuan pun telah berganti.  Pelaku penipuan memanfaatkan teknologi SMS, telepon, WA chat atau email untuk menjarah uang di rekening anda. Kejahatan pembajakan kode rahasia (OTP – One Time Password) adalah pengambilalihan kode rahasia korban oleh pelaku kejahatan, sebagai sarana untuk bisa mengeksploitasi uang elektronik atau uang di m-banking milik … Continue reading "Penipuan Berkedok Call Center Bank. Jangan Kasih Kode OTP!"
Panggilan Masuk dari Greater Jakarta, Apa Maksudnya?
Saat menerima telepon dari nomor yang tidak kita kenal atau tidak tersimpan di kontak kita pasti saat ingin menjawabnya kita akan berpikir dua kali. Apalagi dengan nomor yang unik atau asing kita lihat. Yang sering dialami banyak orang yaitu nomor +6221 dengan tulisan Greater Jakarta. Apa sih sebenarnya Greater Jakarta? Nama perusahaan? Atau nama modus … Continue reading "Panggilan Masuk dari Greater Jakarta, Apa Maksudnya?"
Semakin Marak Penipuan Go-jek – Kenali Ciri-Cirinya!
Penipuan dengan “modus Go-jek” alias dengan mengatasnamakan perusahaan Go-jek  masih dan terus memakan korban. Korban penipuan ini bukan hanya pelanggan, namun juga para driver Go-jek. Supaya kita bisa terhindar dari penipuan seperti ini, mari kita kenali ciri2 penipuan dengan “modus Go-jek” ini. 1. Perubahan Peraturan Go-jek Modus yang pertama ditargetkan kepada baik driver ataupun pelanggan. … Continue reading "Semakin Marak Penipuan Go-jek – Kenali Ciri-Cirinya!"
Penipuan Bermodus Undian Berhadiah
Iming-iming menang undian berhadiah mobil maupun uang tunai jutaan rupiah memang terdengar sangat menggiurkan dan tak sedikit masyarakat terperdaya oleh SMS ataupun telepon penipuan ini. Salah satu tanda yang paling jelas bahwa SMS atau telepon tersebut adalah modus penipuan yaitu anda diminta mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu untuk memperoleh hadiah. Ada baiknya kita … Continue reading "Penipuan Bermodus Undian Berhadiah"
Penipuan Bermodus Kiriman dari Luar Negeri
Penipuan dengan modus pengiriman uang atau barang, hadiah, investasi ataupun warisan dari luar negeri semakin marak akhir-akhir ini menjerat sejumlah korban. Biasanya calon korban dijerat melalui perkenalan lewat social media, ataupun email spam yang dikirim para penipu online. Jika anda mengalami hal ini, harap berhati-hati jangan langsung percaya begitu saja. Anda perlu waspada dan mengenali … Continue reading "Penipuan Bermodus Kiriman dari Luar Negeri"
Penipuan Bermodus Hadiah dari GoJek
Modus penipuan berjenis hadiah mengatasnamakan GoJek kembali marak terjadi. Para penipu seakan tidak pernah kehabisan cara untuk menjerat korban, termasuk memanfaatkan layanan populer GoJek. Kasus penipuan mengatasnamakan GoJek mulai marak terjadi pada 2017, dengan menyasar fitur kode verifikasi dan membuat saldo GoPay korban terkuras. Penipu tersebut memanfaatkan sistem login GoJek, yang selama ini dinilai tidak … Continue reading "Penipuan Bermodus Hadiah dari GoJek"
Jangan Pernah Bilang „Setuju“ Atau „Ya“
Telepon tawaran kartu kredit, pinjaman tanpa agunan sampai asuransi di Indonesia belakangan ini sudah semakin populer. Jika tidak pandai bicara sama pihak telemarketing, sosok di ujung telepon pasti akan mendominasi pembicaraan, lalu mendesak kamu untuk setuju dengan kata-kata yang ia bilang. Hati-hati! Bisa jadi itu penipuan! Jangan pernah menjawab „Ya“ atau „Setuju“ saat ditelepon telemarketer, … Continue reading "Jangan Pernah Bilang „Setuju“ Atau „Ya“"
Lapor Segera! Nomor Telepon yang Terindikasi Penipuan
Sebagai bentuk perlindungan terhadap pengguna jasa telekomunikasi, BRTI dan Kemenkominfo menghimbau kepada seluruh pengguna yang mengetahui atau mengalami penipuan untuk segera melakukan pengaduan. Ketetapan (TAP) BRTI Nomor 04 tahun 2018 yang dikeluarkan tanggal 30 November 2018 itu mengatur sanksi atas penyalahgunaan jasa telekomunikasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pelanggan jasa telekomunikasi dapat melaporkan panggilan … Continue reading "Lapor Segera! Nomor Telepon yang Terindikasi Penipuan"
Cara Cek Nomor Telepon yang Mudah dan Cepat
Mengingat nomor ponsel pribadi terkadang menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Berikut adalah cara mengecek nomor ponsel dari berbagai operator selular. Telkomsel Bagi anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu Telkomsel ( Simpati dan As ), anda dapat menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Telkomsel anda sendiri. Buka menu panggilan terlebih … Continue reading "Cara Cek Nomor Telepon yang Mudah dan Cepat"