Semakin Marak Penipuan Go-jek – Kenali Ciri-Cirinya!

Penipuan dengan “modus Go-jek” alias dengan mengatasnamakan perusahaan Go-jek  masih dan terus memakan korban. Korban penipuan ini bukan hanya pelanggan, namun juga para driver Go-jek. Supaya kita bisa terhindar dari penipuan seperti ini, mari kita kenali ciri2 penipuan dengan “modus Go-jek” ini.

1. Perubahan Peraturan Go-jek

Modus yang pertama ditargetkan kepada baik driver ataupun pelanggan. Biasanya, si penelepon akan memberi tahu kita kalau baru saja ada perubahan di sistem Go-jek. Si korban pun diminta untuk memberikan kode OTP yang berisi 4 digit angka dari Go-jek ke penipu. Dengan cara ini, penipu pun bisa mengakses akun si korban dan memperoleh data pribadi maupun uang si korban.

2. Kupon Gopay Palsu

Modus yang kedua ini sering terjadi di aplikasi percakapan Whatsapp atau juga Line. Pasalnya, penipu membuat akun palsu yang terlihat seperti akun official Go-jek. Ia pun menyebarkan info kalau ada kupon Gopay yang bisa didapatkan secara gratis. Yang berbahayanya, terkadang penipu juga menyertakan tautan atau link ke website palsu, di mana si korban diminta untuk mengisi data pribadinya.

3. Mendapat Hadiah

Mirip seperti modus sebelumnya, modus ini juga menggunakan embel-embel hadiah Go-jek. Bedanya, si korban biasanya ditelepon langsung oleh penipu dan diberikan informasi kalau ia menang hadiah dari Go-Jek. Untuk mendapatkan hadiah ini, si korban pun akan diminta untuk memberikan kode OTP yang dikirimkan langsung oleh aplikasi Gojek. Target penipuan ini bukan hanya pelanggan Go-Jek, namun juga para driver.

4. Meminta Nomor Rekening Korban

Banyak penipu yang juga meminta nomor rekening korban lewat telepon. Biasanya, penipu akan menggunakan berbagai alasan untuk mendapat data rekening si korban. Baik karena memenangkan “hadiah” atau dengan ancaman kalau akun si korban akan di “suspend”, penipu akan memaksa untuk mendapat data pribadi dari korban.

Dalam situasi apa pun jangan pernah memberikan kode rahasia apapun kepada orang lain walaupun yang meminta mengaku dari aplikasi Go-jek karna mereka pun TIDAK AKAN PERNAH MEMINTA kode atau pin. Jika meminta berarti mereka adalah penipu.

Jika terdapat suatu promo atau informasi yang mencurigakan, dapat dikonfirmasi melalui contact center Go-jek di 021-50251110 atau alamat e-mail customerservice@go-jek.com.

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht.