Penipuan Bermodus Undian Berhadiah

Iming-iming menang undian berhadiah mobil maupun uang tunai jutaan rupiah memang terdengar sangat menggiurkan dan tak sedikit masyarakat terperdaya oleh SMS ataupun telepon penipuan ini. Salah satu tanda yang paling jelas bahwa SMS atau telepon tersebut adalah modus penipuan yaitu anda diminta mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu untuk memperoleh hadiah.

Ada baiknya kita mengenali ciri-ciri bahwa SMS atau telepon tersebut adalah palsu alias penipuan.

Ciri-ciri penipuan ini

1. Meminta data-data pribadi anda seperti alamat lengkat, nama orang tua, pin ATM, dll. Undian berhadiah yang asli biasanya tidak pernah meminta data pribadi.

2. Menyuruh mengunjungi alamat website tertentu. Kebanyakan orang mendapat SMS dari nomor tak dikenal yang berisi referensi link ke website tertentu. Si penipu bisa juga meng-hack data pribadi anda lewat link tersebut.

3. Meminta transfer uang lewat ATM. Kebanyakan penipu akan meminta kamu untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu untuk mendapat hadiah yang kamu menangkan.

4. Memaksa dan mengancam anda, apabila tidak transfer uang sekarang juga maka hadiah akan hangus.

Bagaimana cara mengindari penipuan ini?

1. Jangan pernah berbagi data pribadi anda ke orang yang tidak dikenal. Karena dengan mengetahui data pribadi anda, seseorang dapat mendapatkan akses dengan mudah ke rekening atau akun yang anda miliki.

2. Jangan pernah mentransfer uang sepeser pun ke nomor rekening tertentu, jangan pernah menelepon balik ke nomor yang tidak dikenal, dan jangan pernah meng-klik link apapun yang ada di SMS.

3. Anda bisa membaca komentar yang ditulis oleh user lainnya di telepon.net tentang nomor yang menghubungi anda. Mungkin saja nomor tersebut sudah sering dilaporkan sebagai penipuan.

Setelah membaca artikel ini mudah-mudahan kita menjadi lebih waspada dan tak mudah percaya serta dapat membedakan mana pemberitahuan undian berhadiah yang palsu dan yang asli.

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht.