Hindari Penipuan Bermodus Missed Call

Kalau anda mendapat panggilan masuk dari nomor asing, ada baiknya kamu berhati-hati! Banyak penipu yang berasal dari luar negeri yang menggunakan modus “missed call” untuk menipu kita. Modus ini sudah marak di berbagai negara seperti Australia, Jerman, Canada, dsb. Seperti dilansir Global News, sejumlah warga Kanada pada Februari 2018 melaporkan missed call dari nomor misterius. Nomor telepon itu memakai kode dari negara Albania, Makedonia, hingga Seychelles.

Akhir-akhir ini pun, banyak warga di Indonesia yang juga mendapat panggilan dengan modus ini. Apa sih sebenernya modus “missed call” ini?

Ini adalah penipuan telepon premium. Mereka menelepon anda, membiarkan telepon berdering 1 atau 2 detik dan mematikannya. Mereka melakukan itu berulang kali agar anda menelepon balik. Saat anda menelepon balik ini lah, si penipu bisa menguras pulsa anda  dengan mengenakan tarif premium. Anda akan mendapat tagihan dengan biaya yang amat tinggi karena panggilan ini. Tagihan itu sebagian besar nantinya akan masuk ke kantong penipu yang menelepon tersebut.

Hindari Penipuan Berkedok Missed Call

Kalau nomor tersebut hanyalah “missed call”, jangan langsung menelepon balik. Lebih baik kamu mencari tahu dulu asal-usul si penelepon. Manfaatkan lah telepon.net untuk mengetahui info lebih lanjut dari orang yang meneleponmu.

Para penipu biasanya mendapat nomor telepon korban dari informasi yang diberikan korban saat melakukan sign up untuk aplikasi atau kontes secara online. Jangan pernah memasukkan nomor telepon sembarangan kalau tidak benar-benar perlu.

One thought on “Hindari Penipuan Bermodus Missed Call”

  1. Terimakasih atas informasinya
    Dan disini mau berbagi pengalaman, kejadiannya setengah bulan yang lalu, ada telepon masuk ke no hp saya, penelpon order sewa truk dari Karawang tujuan ke purwokerto, penipu tanpa menawar setuju dengan harga yg kami berikan, Deal besok harinya kita sepakati untuk muat barangnya di lokasi indramayu sesuai info yg penipu berikan. Saat truk kita luncurkan penelpon ada pesan khusus ke kami, klo nanti di lokasi muat dibayar tunai, dan penipu pesan ke kita nitip ditalangin uang muat ke orang dilokasi muat. dengan janji nanti selesai muat akan ditansfer. sesampainya lokasi sopir kita ketemu dengan org yg disebutkan untuk urusin muat barang tadi. dan langsung minta sopir suruh tunggu utk dipandu ke lokasi muat. Saat itu pic orang yg ngurusin muat tadi minta uang titipan dari peng order tadi., sama sopir kami dikasihlah uang sesuai intruksi penipu. Setelah diserahkan uang titipan tadi org dilokasi muat tadi pergi dengan alasan mau koordinasi ke gudang. sekian lama sopir kami menunggu org itu balik, sampai 2 jam dan kita hubungi no telepon penipu dan org dilokasi muat sudah mati tidak aktif.
    Itulah sedikit cerita kejadian dari kami, semoga kita semua lebih hati hati terhapad modus penipuan order seperti ini.

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht.